BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KRATON YOGYAKARTA

Annis Deshinta Ayuningtyas, Dafid Slamet Setiana

Abstract


Adanya pengaruh modernisasi dalam iklim globalisasi berdampak pada mengikisnya nilai luhur budaya bangsa.Akibatnya bangsa Indonesia saat ini mengalami krisis jati diri bangsa, menjadi bangsa yang mudah terpengaruh, dan mudah tercerai berai.Penyebabnya dikarenakan kurangnya pemahaman dan penerapan terhadap pentingnya nilai budaya dalam masyarakat.Dengan demikian perlu adanya pembelajaran berbasis budaya untuk membentuk nilai luhur budaya bangsa.Pembelajaran berbasis budaya memungkinkan guru dan siswa berpartisipasi aktif berdasarkan budaya yang sudah mereka kenal, sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang optimal (Pannen, 2005).Salah satu yang dapat menjembatani antara budaya dan pendidikan khususnya matematika adalah etnomatematika.D’Ambrosio (2006) menyatakan bahwa etnomatematika dianalogikan sebagai lensa untuk memandang dan memahami matematika sebagai suatu hasil budaya atau produk budaya.Berkaitan dengan upaya menerapkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, maka perlu direncanakan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta.Bahan ajar berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta berisi ringkasan materi dan latihan soal mengenai bangun datar dan bangun ruang yang di dalamnya terdapat banyak gambar ornamen-ornamen, benda-benda, maupun bangunan-bangunan yang terdapat pada Kraton Yogyakarta yang merupakan visualisasi nyata dari berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang. Dengan demikian diharapkan siswa dapat memahami materi yang dipelajari sekaligus dapat mengenal dan mempelajari unsur budaya yang ada di Kraton Yogyakarta.

 

Kata kunci:bahan ajar, etnomatematika, Kraton Yogyakarta


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.