PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem based Learning (PBL), serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap matematika dan pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yaitu observasi ke sekolah dan wawancara dengan guru matematika dan beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta, guru mengatakan bahwa pembelajaran konvensional yang sampai sekarang memang masih dominan diterapkan dikelas. Hal ini juga yang diungkapkan oleh beberapa siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta sebagian siswa malas belajar matematika karena merasa bosan memperhatikan guru dengan pembelajaran konvensional, sehingga kurang memahami materi yang diberikan guru pada saat pelajaran di kelas.
Keywords: problem based learning,kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.