Pengintegrasian lingkungan Hidup, Budaya Membaca, dan Teknologi Dalam Membagun Pendidikan Karakter Melalui Perbandingan Trigonometri

Joko Wisnu Catur

Abstract


Lingkungan sekolah terdapat benda-benda yang tingginya lebih dari 4 meter, kadang sekolah tertentu juga ada sungainya. Bagaimana proses pembelajaran menentukan Tinggi benda-benda tersebut ? Bagaimana menentukan lebar sungai atau panjang jembatan pada sungai ? Untuk memperbaiki proses pembelajaran sebagaimana pertanyaan tersebut di atas maka perlu dilakukan  tahapan penyampaian materi serta alat-alat bantu yang sesuai. Misal; Konsep Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan gambar atau alat bentuk segitiga siku-siku, Perbandingan Trigonometri untuk sudut-sudut berelasi umum juga, sudut-sudut lancip istimewa dan sudut istimewa lainnya disertai Lingkaran Satuan Trigonometri dan segitiga istimewa, Perbandingan Trigonometri untuk sudut Pembatas Kuadran dapat dikuatkan menggunakan kombinasi peta mata angin, bidang baca/ tulis, lingkungan dan Lingkaran Satuan trigonometri. Perbandingan Trigonometri untuk sudut sembarang biasa ditemukan dalam kehidupan yang tidak bisa menggunakan alat-alat bantu sebelumnya. Maka digunakan tabel Trigonometri dan atau Teknologi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tumbuh tidaknya karakter budaya literasi, membaca dan religius serta siswa mampu menentukan Perbandingan Trigonometri berbagai sudut. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tetapi jenisnya bisa penelitian kualitatif dan atau penelitian Kuantitatif, Sedangkan metode pendekatannya menggunakan kombinasi Metode pembelajaran terbimbing, demontrasi, dan Unjuk Kerja. Dari hasil penelitian diharapkan; siswa mau dan mampu membiasakan kegiatan budaya literas, membaca dan religius serta siswa mampu menentukan perbandingan Trigonometri sembarang sudut.

Kata kunci: lingkungan, budaya membaca, teknologi, Trigonometri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.