ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XA PADA TOPIK KAIDAH PENCACAHAN PADA PERKALIAN

Bernadus Bin Frans Resi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XA pada salah satu MA swasta di Yogyakarta pada topik kaidah pencacahan pada perkalian menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek penelitian adalah 4 siswa, namun pada makalah ini akan dibahas hanya 2 siswa. Tahap-tahap penelitian meliuputi:  membuat desain, ujicoba desain, dan analisis retropektif. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis mengenai soal kaidah pencacahan pada perkalian dan wawancara tidak terstruktur mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XA pada salah satu MA swasta di Yogyakarta sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah pada topik kaidah pencacahan pada perkalian dengan baik. Karena siswa sudah dapat memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan melihat kembali jawaban.

Kata Kunci:  Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Penelitian Desain, Kaidah Pencacahan Pada Perkalian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.