ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SISWA SMP DENGAN KEMAMPUAN RENDAH BERDASARKAN TAKSONOMI REVISI BLOOM PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi revisi Bloom pada pemecahan masalah matematika operasi bentuk aljabar di SMP Negeri 2 Purworejo. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purworejo. Subjek berjumlah 2 siswa dengan kemampuan rendah. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes matematika, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kognitif siswa dengan kemampuan rendah berada pada tingkat C3/menerapkan (apply).
Kata kunci: Tingkat kognitif, Taksonomi revisi Bloom
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.