MENEMUKAN POLA LANGKAH UNTUK MEMENANGKAN PERMAINAN CONGKLAK
Abstract
Permainan congklak adalah permainan tradisional di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah yang perlu ditempuh guna memenangkan permainan congklak yang memiliki banyak lubang 2n ( 7 n ) dan pada awal permainan masing-masing lubang memiliki n biji. Penelitian ini menggunakan teori Sirkuit Hamiltonian. Untuk memaksimalkan biji dalam lubang induk, pemain harus menghindari Sirkuit Hamiltonian sehingga bisa terus berjalan. Guna memenangkan permainan congklak 2n lubang, maka banyak minimal biji pada lubang induk haruslah 2 1 n . Penelitian ini menemukan adanya kemungkinan bagi pemain yang pertama kali jalan untuk mengumpulkan biji dalam lubang induk minimal 2 n (untuk 𝑛 = 1,3) dan minimal sebanyak 2 1 n (untuk 𝑛 = 2,4,5,6,7).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.