POTENSI TEORITIS PROOFS WITHOUT WORDS (PWWS) DALAM MENGEMBANGKAN ADAPTIVE REASONING

Angga Kristiyajati

Abstract


Objek matematika pada dasarnya bersifat abstrak, oleh karena itu beberapa orang kesulitan dalam memahami matematika. Kompetensi matematika setidaknya memiliki lima strand yaitu conceptual understanding, procedural fluency, strategic competence, adaptive reasoning dan productive disposition. Visualisasi matematika diharapkan mampu membantu seseorang dalam memahami suatu konsep matematika dengan mengamati dan memperhatikan visualisasi tersebut. Pada tulisan ini, penulis mencoba mengkaji secara teoritis beberapa visualisasi konsep matematika dalam gambar “Proof Without Words (PWWs) mengenai peluangnya sebagai sumber atau media belajar siswa dalam meningkatkan kompetensi adaptive reasoning siswa. Dari hasil kajian secara teoritis, dapat disimpulkan bahwa karakterisitik dari PWWs sangat mendukung dalam pengembangan kompetensi adaptive reasoning dalam pembelajaran matematika..


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.