POTENSI TEORITIS PROOFS WITHOUT WORDS (PWWS) DALAM MENGEMBANGKAN ADAPTIVE REASONING
Abstract
Objek matematika pada dasarnya bersifat abstrak, oleh karena itu beberapa orang kesulitan dalam memahami matematika. Kompetensi matematika setidaknya memiliki lima strand yaitu conceptual understanding, procedural fluency, strategic competence, adaptive reasoning dan productive disposition. Visualisasi matematika diharapkan mampu membantu seseorang dalam memahami suatu konsep matematika dengan mengamati dan memperhatikan visualisasi tersebut. Pada tulisan ini, penulis mencoba mengkaji secara teoritis beberapa visualisasi konsep matematika dalam gambar “Proof Without Words (PWWs) mengenai peluangnya sebagai sumber atau media belajar siswa dalam meningkatkan kompetensi adaptive reasoning siswa. Dari hasil kajian secara teoritis, dapat disimpulkan bahwa karakterisitik dari PWWs sangat mendukung dalam pengembangan kompetensi adaptive reasoning dalam pembelajaran matematika..
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.