KREATIVITAS BELA JAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI BERBASIS BATIK PEKALONGAN

Rizeta Suci Cempaka, Nur Hidayah Sari, Achmad Syaifudin

Abstract


Abstrak

Matematika merupakan suatu pengetahuan yang mempunyai karakteristik berpikir logis, kritis, sistematis, tekun, kreatif dan banyak nilai-nilai luhur matematika bermanfaat untuk berbagai jenis dan program sekolah. Dalam proses belajar matematika yang terjadi, siswa diposisikan hanya sebagai pendengar ceramah guru, serta siswa hanya menghafal rumus tanpa mempunyai keterampilan lain selain perhitungan dari rumus tersebut. Hal ini terkesan membosankan siswa dan menjadikannya malas untuk mempelajari matematika. Untuk mengurangi hal tersebut maka siswa diajak agar lebih kreatif dalam belajar matematika terutama pada materi geometri transformasi. Pada dasarnya siswa belajar melalui sesuatu yang konkrit. Untuk memahami konsep abstrak, siswa memerlukan bahan ajar sebagai perantara atau visualisasinya. Dalam belajar matematika, pengalaman belajar siswa sangatlah penting. Untuk itu dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Salah satunya, siswa dapat diajak kreatif dalam belajar matematika pada materi geometri transformasi menggunakan buku bahan ajar berbasis budaya setempat, yaitu Batik Pekalongan. Dengan menggunakan buku bahan ajar materi geometri transformasi berbasis Batik Pekalongan diharapkan siswa lebih tertarik dan tidak bosan belajar matematika serta siswa dapat memiliki keterampilan dan kekreatifan dalam memahami materi geometri transformasi selain perhitungan dari rumus.

Keywords: Kreativitas, Belajar Matematika Siswa, Geometri Transformasi, Batik Pekalongan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.