PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA UNTUK MENGOPTIMALKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yamtiningsih Yamtiningsih, Teguh Wibowo, Sriyono Sriyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika yang valid dan layak digunakan oleh siswa dalam pembelajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Pengumpulan datanya menggunakan teknik lembar validasi dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan LKS matematika yang valid dan layak dalam pembelajaran. Hasil analisis kevalidan LKS matematika mendapatkan rerata skor 3,53 dari ahli materi dan mendapatkan rerata skor 3,20 dari ahli media, serta skor 0,83 dari uji validasi empirik, maka LKS matematika untuk mengoptimalkan berpikir kritis siswa dinyatakan layak. Hasil analisis kepraktisan LKS matematika mendapat rerata skor 3,00 dan dikatakan praktis. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS matematika untuk mengoptimalkan berpikir kritis siswa valid, dan layak (praktis) digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: LKS Matematika, Berpikir Kritis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.