ANALISIS BERPIKIR KONSEPTUAL SISWA CLIMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL ESTIMASI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe berpikir siswa Climber dalam menyelesaikan soal estimasi di sekolah dasar. Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Climber dari kategori Adversity Quotient kelas VI SD Negeri Megulung Utara, Pituruh, Purworejo tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket ARP (Adversity Response Profile), tes estimasi (penaksiran) matematika, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe berpikir siswa Climber dari tingkat kategori Adversity Quotient dapat diperoleh bahwa tipe berpikir siswa Climber yaitu konseptual, karena dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan konsep yang telah dimiliki berdasarkan hasil pelajarannya selama ini di kelas.
Kata kunci: tipe berpikir, estimasi, Adversity Quotient
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.