ANALISIS BERPIKIR KONSEPTUAL SISWA CLIMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL ESTIMASI DI SEKOLAH DASAR

Teguh Wibowo, Riawan Yudi Purwoko, Dwi Anggraeni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe berpikir siswa Climber dalam menyelesaikan soal estimasi di sekolah dasar. Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Climber dari kategori Adversity Quotient kelas VI SD Negeri Megulung Utara, Pituruh, Purworejo tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket ARP (Adversity Response Profile), tes estimasi (penaksiran) matematika, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe berpikir siswa Climber dari tingkat kategori Adversity Quotient dapat diperoleh bahwa tipe berpikir siswa Climber yaitu konseptual, karena dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan konsep yang telah dimiliki berdasarkan hasil pelajarannya selama ini di kelas.

Kata kunci: tipe berpikir, estimasi, Adversity Quotient

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.