HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY BERBASIS PROYEK YANG MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI HIMPUNAN

Agnes Eka Susilawati, Nathaniel Vito Putra, Margaretha Madha Melissa, Maria Suci Apriani

Abstract


Pemahaman konsep himpunan menjadi subjek yang penting dalam pembelajaran matematika, namun masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menggambar diagram venn, membedakan kumpulan suatu objek ke dalam himpunan atau bukan dan mengoperasikan himpunan. Penelitian ini bertujuan merancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan pembelajaran berbasis proyek yang mendukung pemahaman konsep siswa pada materi himpunan, khususnya diagram venn, irisan, dan gabungan himpunan. HLT dirancang menggunakan model Gravemeijer dan Cobb dengan tiga tahap: persiapan desain, pelaksanaan desain, dan analisis retrospektif. Penelitian ini sampai pada tahap pertama yaitu merancang HLT yang terdiri dari tiga komponen: tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan hipotesis lintasan belajar. Hasil penelitian ini berupa rancangan HLT berbasis proyek yang mendukung pemahaman konsep siswa pada materi himpunan dengan lintasan belajar yaitu: 1) menggunakan game lingkaran dan gelas ajaib untuk mengenalkan diagram venn, 2) pendataan aplikasi favorit peserta didik untuk digambarkan menjadi diagram venn, 3) menuliskan notasi dan operasi himpunan irisan dan gabungan. Hipotesis lintasan belajar diuraikan secara rinci untuk masing-masing aktivitas beserta kemungkinan jawaban peserta didik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.