HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) MATERI LUAS JURING DAN PANJANG BUSUR PADA LINGKARAN BERDASARKAN TEORI KOGNITIF BRUNER

Alfonsa Gresencia Dingu, Maria Suci Apriani, Margaretha Madha Melissa

Abstract


Geometri adalah salah satu pembelajaran matematika yang dianggap sulit. Banyak siswa yang mengalami kelemahan dalam menerapkan konsep geometri. Salah satunya siswa lemah dalam memahami konsep matematika, siswa lebih sering menghafal rumus daripada memahami konsep materi yang diberikan. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis pengalaman yaitu teori proses kognitif menurut bruner, agar pembelajaran lebih terstruktur dan materi yang diberikan guru mudah di pahami dan akan diingat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain HLT materi luas Juring dan Panjang Busur pada Lingkaran Berdasarkan Teori Kognitif Bruner. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Desain dengan orientasi validation studies yaitu hanya sampai pada tahap pendahuluan yang terdiri dari kajian literatur dan perancangan HLT pada materi luas juring dan panjang berdasarkan teori kognitif Bruner. Hasil dari penelitian ini berupa HLT materi luas juring dan panjang busur pada lingkaran berdasarkan teori kognitif bruner dengan lintasan belajar yaitu: 1) mengaitkan hubungan antara unsur-unsur pada lingkaran menggunakan kue pie, 2) menggambar lingkaran dan unsur-unsurnya, 3) menentukan hubungan panjang busur dan luas juring, 4) menemukan rumus panjang busur dan luas juring.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.