IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN DAN KEAKTIFAN DI KELAS V

Arballeta Yosefin, Jihan Adelia, Nikolas Damar Pramudya, Haniek Sri Pratini

Abstract


Pembelajaran matematika sering dianggap sulit karena lebih fokus pada menghafal rumus daripada memahami konsep-konsep. Hal ini terutama berlaku untuk topik perkalian, yang seringkali menimbulkan kesulitan bagi siswa. Metode pengajaran konvensional belum efektif dalam memfasilitasi pemahaman yang mendalam terhadap konsep perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas V SD Kanisius Wirobrajan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berpendekatan kontekstual. Penelitian ini melibatkan 39 siswa dalam siklus berulang yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa dari prasiklus ke siklus 2, dengan tingkat pemhaman anak dalam perkalian 51.28% siswa tidak tuntas dan sekitar 48.72% siswa tuntas dan meningkat pada siklus kedua yaitu dari total 39 siswa, sekitar 10.26% siswa tidak tuntas dan sekitar 89.74% siswa tuntas. Penerapan Discovery Learning juga meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dimana pada siklus 1 64% siswa aktif dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 88% siswa aktif dalam pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran menggunakan metode Discovery Learning dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa dan keaktifan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.