IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 7A SMP JOANNES_BOSCO PADA TOPIK ARITMETIKA SOSIAL

Brigitta Kiera Purwa Adhiananta, Angela Merici Olivia Putri, Nindya Yan Pramesti, Sugiarto Pudjohartono, Brigitta Remma Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar pada topik aritmetika sosial di kalangan siswa kelas 7A pada saat penilaian tengah semester dilakukan. Materi pembelajaran aritmetika yang diteliti mencakup keuangan sederhana namun sangat penting dikuasai oleh siswa SMP untuk mendukung penguasaan literasi finansial mereka. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang dipakai untuk menjaring data berupa: tes hasil belajar (penilaian tengah semester), dan wawancara. Hasil penelitian menemukan sejumlah 6 kelompok kesulitan yang terkonfirmasi pada saat wawancara. Kesulitan-kesulitan tersebut, setelah diurutkan dari kasus terbanyak ditemukan, adalah: 1) kesulitan  menentukan nominal keuntungan – tara – diskon – pajak – bunga tunggal jika diketahui nilai persentasenya; 2) tidak memahami bunga tunggal serta perhitungan tabungan yang dikenai bunga tunggal; 3) tidak memahami dan tidak dapat membedakan antara bruto, tara, neto; 4) belum memahami konsep persen serta keterampilan mengubah persen menjadi pecahan biasa; 5) keterampilan mengalikan dan membagi antar bilangan pecahan maupun bilangan pecahan dengan bilangan bulat; 6) Tidak paham konsep nilai tempat pada bilangan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.