HYPOTETICAL LEARNING TRAJECTORY MATERI KEKONGRUENAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATHCITYMAP

Carolina Dhinda Putri Mahanani, Bernadeta Lalita Nareswari, Azkia Martiana Winarning Tyas, Maria Suci Apriani, Margaretha Madha Melissa

Abstract


Saat ini, siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep untuk menyelesaikan masalah kontekstual. Oleh karena itu, guru harus mampu merancang pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu, guru juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi, karena teknologi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan abad-21. Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi MathCityMap untuk mendukung pembelajaran dengan lokasi trail di Taman Sari Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Research (Penelitian Desain) sampai dengan tahap Preliminary Design (Desain Pendahuluan). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada materi kekongruenan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini adalah desain HLT dalam materi kekongruenan melalui model PBL dengan bantuan MathCityMap, yang mencakup tiga tahap lintasan belajar: 1) mengamati bangun datar pada bangunan Taman Sari, 2) mengetahui sifat-sifat bangun datar, 3) mengukur bangun datar, dan 4) mendefinisikan kekongruenan pada dua bangun datar.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.