PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Cici Diah Tristy, Ariana Tri Kezia Buluaro, Anindiati Praminto Putri, Haniek Sri Pratini

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting karena matematika berperan penting hampir di semua aspek masa sekarang ini. Peneliti melakukan observasi di kelas XI IPS 2 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta untuk menggali masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika. Masalah yang ditemukan adalah masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan memahami penggunaan rumus dan beberapa peserta didik masih belum memahami penulisan matematis secara tepat. Beberapa kesulitan tersebut menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi tertulis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI IPS II SMA Stella Duce 1 Yogyakarta menggunakan penerapan model Cooperative Learning atau pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral dari Kemmis and Taggart dan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep sebesar 78,19% dan komunikasi matematis sebesar 82,03%. Pada siklus II, diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep sebesar 81,62% dan komunikasi matematis sebesar 84,31%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.