PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU MINAT BELAJAR SISWA

Dinar Nur Arofah, Uus Kusdinar

Abstract


Hasil belajar siswa yang belum maksimal karena cara mengajar guru dan minat belajar rendah. Model problem based learning menjadi alternatif dalam menyampaikan materi kepada siswa.Tujuan penelitian adalah menemukan pengaruh interaksi model problem based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model problem based learning dan model konvensional yang ditinjau dari minat belajar siswa. Populasi penelitian adalah kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian kelas XI MIPA 2 untuk kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 untuk kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian adalah teknik angket mengetahui minat belajar dan soal tes mengetahui hasil belajar siswa. Pada pengujian validitas isi dari penilaian dosen dan validitas butir soal menggunakan teknik korelasi Product Moment. Uji reliabilitas angket minat belajar menggunakan Cronbach Alpha sedangkan soal tes hasil belajar menggunakan Kuder Richardson (KR-21). Uji hipotesis penelitian adalah ANAVA berbantuan excel dan Anova Kontras berbantuan SPSS. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa 1) model problem based learning dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) adanya perbedaan hasil belajar antara penggunaan model problem based learning dan model konvensional baik dari minat belajar tinggi maupun minat belajar rendah.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.