PENINGKATAN KERJA SAMA SERTA MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT

Maria Ernita Listyowati, Ellizabeth Radha Varas Dhita, Sugeng Tri Hargono, Haniek Sri Pratini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerja sama dan minat belajar siswa dalam materi fungsi kelas VIII pada tahun pelajaran 2023/2024 di SMP Joannes Bosco Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Tahapan pendekatan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukan adanya peningkatan kerja sama dan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pada kondisi awal aspek kerja sama sebesar 70,86%, siklus I menjadi 80,36% dan siklus II menjadi 87,2%. Sedangkan untuk aspek minat bakat pada pra-siklu sebesar 71%, siklus I menjadi 82,7%, siklus II menjadi 90,5%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.