Hypothetical Learning Trajectory: Mengoptimalkan Pembelajaran Materi Peluang dengan PMRI

Ansella Nicesha Paskaningtyastuti, Eusebia Natasya Jebarus, Magdalena Sisdianawati Angelika, Margaretha Madha Melissa, Maria Suci Apriani

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan salah satu bidang yang dipelajari dalam dunia pendidikan. Matematika sering kali dianggap sulit dan abstrak, terutama ketika permasalahan yang disajikan dalam proses pembelajaran merupakan permasalahan yang tidak realistis. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) untuk mengoptimalkan pembelajaran materi peluang khususnya peluang teoritik menggunakan pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research tipe Validation Studies yang terdiri dari 3 tahap yaitu desain pendahuluan, percobaan desain, dan analisa restropektif. Dalam penelitian ini, penelitian hanya akan sampai pada tahap pertama yaitu desain pendahuluan yang memuat kajian literatur dan perancangan HLT pada materi Peluang Teoritik. HLT yang dihasilkan memuat beberapa aspek yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip PMRI yaitu: penemuan kembali secara terbimbing dan matematisasi progresif, fenomena didaktik, dan pemodelan sendiri. Hasil penelitian ini berupa desain HLT materi peluang dengan pendekatan PMRI dengan lintasan belajar yaitu: (1) aktivitas menemukan makna kejadian dan ruang sampel, (2) siswa menuliskan anggota ruang sampel dan simbolisasi komponen tertentu, (3) menganalisa dan menemukan cara menentukan peluang teoritik, (4) melakukan generalisasi rumus peluang teoritik yang ditemukan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.