PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PBL UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN NUMERASI KONTEKS SOSIAL BUDAYA

Vina Amiroh Falestin, Mujiem Sapti, Isnaeni Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar trigonometri berbasis Problem Based Learning untuk menguatkan kemampuan numerasi konteks sosial budaya yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X SMA Negeri 1 Prembun. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 42 siswa dengan pembagian 8 siswa untuk uji coba lapangan terbatas, dan 34 siswa untuk uji coba lapangan luas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu lembar validasi produk, angket respon siswa dan guru, dan soal tes kemampuan numerasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata kevalidan modul ajar dan LKPD 3,52 dan 3,55 yang menunjukkan kategori valid, 85% untuk hasil respon siswa yang menunjukkan modul ajar sangat praktis, 78% untuk hasil respon guru yang menunjukkan modul ajar praktis, 100% siswa mencapai batas tuntas yang menunjukkan modul ajar efektif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa modul modul ajar trigonometri berbasis Problem Based Learning untuk menguatkan kemampuan numerasi konteks sosial budaya valid, praktis, dan efektif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.