HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI SPLDV DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL BERBANTU DESMOS CLASSROOM
Abstract
Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel merupakan materi yang erat kaitannya dengan keterlibatannya dalam permasalahan sehari-hari. Namun masih ditemukan banyaknya kesalahan peserya didik dalam materi SPLDV. Sering ditemukan peserta didik kesulitan dalam memodelkan dan menyelesaikan materi SPLDV. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan mendesain dan merencankan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Desmos Classroom pada materi SPLDV. Metode penelitian ini adalah desain research dengan tahapan preliminary design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur sebagai identifikasi permasalahan awal, dalam merancang pedoman alur pada HLT dengan pendekatan CTL berbantuan media Desmos Classroom. Hasil penelitian ini berupa HLT dengan pendekatan CTL yang meliputi aktivitas memahami soal cerita Persamaan Linear Dua Variable (PLDV) hingga memahami soal cerita yang termasuk SPLDV dan yang bukan SPLDV. Setelah aktivitas pemahaman konsep SPLDV dilanjutkan dengan aktivitas memodelkan dan menyelesaikan permasalahan SPLDV menggunakan metode grafik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.