PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN KONTEKS GUA MARIA SENDANGSONO KULON PROGO

Maria Ernita Listyowati, Jihan Adelia, Haniek Sri Pratini

Abstract


Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses implementasi etnomatematika pada pembelajaran dengan materi statistika dengan mengangkat nilai budaya lokal Gua Maria Sendangsono Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Kemasyarakatan Kalibawang yang berjumlah 21 anak. Penelitian dilakukan di kawasan Gua Maria Sendangsono, Kulon Progo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etnomatematika dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi statistika. Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran dapat menjadi pendekatan pembelajaran baru bagi peserta didik sehingga menjadi motivasi baru untuk belajar matematika

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.