PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEDIA DIGITAL PADA MATERI BARISAN ARITMETIKA MENGGUNAKAN EDPUZZLE

Nathaniel Vito Putra, Ariana Tri Kezia Buluaro, Theresia Restu Kinanti, Agnes Dwi Risaningsih, Benediktus Yoseph Agri Jonathan, Eko Budi Santoso

Abstract


Di dunia pendidikan saat ini, media digital menjadi salah satu aspek penting dalam pembelajaran di sekolah. Dalam proses pembelajaran, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis video agar kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Video dalam pembelajaran dapat dilihat secara berulang-ulang oleh siswa. Salah satu platform yang dapat dipergunakan untuk membuat video pembelajaran interaktif adalah Edpuzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan platform Edpuzzle untuk materi barisan aritmetika dan merancang aktivitas pembelajaran daring yang menggunakan media pembelajaran matematika digital tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan platform Edpuzzle untuk materi barisan aritmetika dan rancangan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran digital tersebut.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.