PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII B SMP KANISIUS GAYAM YOGYAKARTA

Rani Kristanti, Yosep Prasetiyo Wibowo, Georgia Deputi Apresyandari, Haniek Sri Pratini

Abstract


Matematika memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, banyak peserta didik menganggap matematika sulit dan kurang menarik, sehingga diperlukan metode inovatif untuk meningkatkan minat, keaktifan dan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran interaktif berupa alat peraga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas VIII B SMP Kanisius Gayam Yogyakarta. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, keaktifan dan minat peserta didik terhadap matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif yang inovatif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep matematika, serta meningkatkan minat, keaktifan dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.