PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PADA SMARTPHONE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Janan Afifah, Uus Kusdinar

Abstract


Matematika menjadi salah satu ilmu yang dibutuhkan di berbagai aspek serta memiliki peran yang luas dan signifikan dalam kontribusi kehidupan manusia. Pendidikan sangat penting dalam mencetak penerus bangsa untuk bersaing di era perkembangan teknologi. Pemanfaatan teknologi saat kegiatan belajar mengajar perlu digunakan supaya pembelajaran lebih inovatif dan menarik. Penggunaan aplikasi pada smartphone menjadi salah satu cara pemanafaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aplikasi pada smartphone terhadap hasil pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam pemelitian ini adalah kelas X berjumlah 5 kelas dan sampel yang diambil berdasarkan Teknik sampling non probability sampling berjumlah 1 kelas X dengan siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket respon siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan uji correlation pearson menggunakan perhitungan SPSS versi 25 for. Hasil penelitian terdapat pengaruh aplikasi pada smartphone terhadap hasil belajar matematika SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan nilai korelasi 0,415 dan nilai p-value 0,039.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.