HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI TRANSLASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA “LAYAR TRANS GEO-TV”

Valentina Prasasti Kanina Putri Nasoka, Aurelia Herningtyas Ayu Putri Cahyanti, Helena Noventyas Pradnyamita Budiarta, Margaretha Madha Melissa, Maria Suci Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain lintasan belajar materi translasi dengan menggunakan alat peraga “Layar Trans Geo-TV”. Hal ini dilakukan karena dalam memahami materi transformasi geometri, peserta didik masih mengalami beberapa kesulitan, yaitu memahami permasalahan konsep, mengkonstruksi permasalahan secara langsung, dan menjumpai hambatan dalam pembuktian jawabannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan jenis penelitian design research yang memiliki tiga tahap, yaitu tahap preliminary design, design experiment, dan analysis retrospective. Namun, karena keterbatasan waktu penelitian ini hanya sampai pada tahap pertama yaitu preliminary design (desain pendahuluan). Hasil dari penelitian ini berupa Hypothetical Learning Trajectory dalam pembelajaran materi translasi dengan menggunakan alat peraga “Layar Trans Geo-TV”. Lintasan belajar dalam HLT yang dibuat, yaitu: 1) peserta didik melakukan permainan geser botol sebagai kegiatan apersepsi dari materi translasi, 2) peserta didik menerapkan kegiatan apersepsi kedalam alat peraga, 3) peserta didik mendeskripsikan proses perpindahan dari benda pertama menuju ke benda kedua dan dapat memaknai arti translasi, 4) peserta didik mendeskripsikan posisi benda dalam koordinat kartesius, 5) peserta didik menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan translasi titik, garis, dan bangun datar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.