ANALISIS PENALARAN ADAPTIF PADA MATERI BARIS DAN DERET BERDASARKAN GAYA KOGNITIF IMPULSIF DAN REFLEKTIF

Santi Nurma Noviana, Puji Nugraheni, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran adaptif dalam memecahkan masalah baris dan deret berdasarkan gaya kognitif impulsif dan reflektif pada siswa kelas VIII tahun 2022/2023 pada SMP Muhammadiyah Tempuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil dari sebagian siswa kelas VIII SMP yang selanjutnya disebut subjek penelitian. Subjek penelitian yang diambil sebanyak empat siswa, terdiri dari dua subjek impulsif dan dua subjek reflektif.teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu tes MFFT dan tes penalaran adaptif. Teknik analisis dua yang digunakan adalah analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif cenderung tidak melakukan proses berpikir secara logis akan tetapi tampak hanya mengingat atau mengandalkan hafalan. Siswa yang memiliki gaya kogntif impulsif kesulitan dalam menjelaskan soal ke dalam bentuk matematika. Sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif cenderung melaukan proses berpikir secara logis dengan pengetahuan yang cukup serta memahami langkah yang dilakukan. Siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif mampu menjekaskan alasan penggunaan metode yang sesuai informasi dari soal dalam memecahkan masalah.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.