PENGGUNAAN GIMKIT UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA KONDUSIF DAN MENGUBAH MINDSET SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Rosa Kusuma Andina, Stevanus Prasetyo Nugroho, Haniek Sri Pratini

Abstract


Matematika merupakan ilmu dasar yang harus dipelajari sejak dini hingga perguruan tinggi, oleh karena itu penting untuk mempelajarinya secara bertahap dan terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mengubah mindset siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Santo Vincentius Jakarta dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan media pembelajaran berbasis permainan adanya peningkatan dan perubahan mindset siswa kelas VII-3 terhadap matematika serta menjadikan suasana kelas kondusif dan menyenangkan.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.