GOMATH: MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KODULAR UNTUK MATERI LINGKARAN

Irfan Fuadi, Puguh Wahyu Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Kodular pada materi lingkaran yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya kebutuhan inovasi dalam pengembangan media pembelajaran berdasarkan perolehan data pra-penelitian di SMA Negeri 7 Purworejo sebagai alat penunjang pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Purworejo yaitu kelas XI-7 untuk uji coba kelas kecil melibatkan 10 siswa dan XI-6 untuk uji coba kelas besar melibatkan 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara guru pra-penelitian, lembar angket siswa pra-penelitian, lembar angket validasi materi dan media, serta lembar angket respon peserta didik. Produk akan melalui uji validasi oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media sebelum dilakukan uji coba kelas kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media GoMath berbasis Kodular yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan praktis. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh 93% termasuk kategori sangat valid, hasil validasi dari ahli media memperoleh 91,48% termasuk kategori sangat valid. Hasil Uji coba kelas kecil memperoleh 87,65% termasuk kategori sangat praktis, sedangkan pada uji coba kelas besar memperoleh 85,14% termasuk kategori sangat praktis.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.