EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA BERBANTUAN MEDIA CANVA

Heni Purwanti, Erni Puji Astuti, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva memberikan kemampuan numerasi siswa yang lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media canva kelas X. Penelitian ini menggunakan motode penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 360 siswa yang terbagi ke dalam sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari dua kelas melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan numerasi dalam bentuk soal uraian yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva memberikan kemampuan numerasi siswa yang lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media canva, dikarenakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membantu siswa lebih aktif untuk berpikir kritis dan logis, keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan, mampu memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan dan mampu melibatkan evaluasi dari pengalaman siswa dan proses belajar.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.