OPTIMISASI KEBUTUHAN TOTAL ARMADA BUS PERKOTAAN BERDASAR INTEGER PROGRAMMING

Prapto Tri Supriyo, Bib Paruhum Silalahi, Farida Hanum, Hidayatul Mayyani, Toni Bakhtiar

Abstract


Salah satu masalah yang selalu dihadapi oleh operator bus perkotaan adalah penentuan totalkendaraan yang harus disediakan guna melayani suatu rute/trayek/koridor pada setiap harinya. Totalkendaraan yang dioperasikan setiap harinya bergantung dengan jumlah pengguna yang umumnya tidakselalu sama di setiap harinya. Jumlah pengguna bus di hari kerja pada umumnya berbeda denganjumlah pengguna di akhir pekan atau hari libur. Selain dari pada itu, setiap harinya jumlah penggunabus di periode jam sibuk yakni pada saat jam berangkat atau pulang kerja pada umumnya berbedadengan di luar periode jam sibuk. Berdasar kebutuhan jumlah armada yang harus dioperasikan padasetiap periode waktu di setiap harinya guna melayani suatu rute/trayek/koridor tertentu, penentuantotal armada bus yang harus dioperasikan pada setiap harinya tentu sangat bermanfaat gunamengoptimalkan efektivitas dan efisiensi sumberdaya yang tersedia. Paper ini bertujuan memberikanmodel eksak berdasar integer programming yang dapat digunakan untuk menentukan total busperkotaan yang harus dioperasikan setiap harinya pada suatu rute/trayek/koridor tertentu. Input modelberupa jam pemberangkatan dan kedatangan setiap bus pada suatu hari tertentu dengan output modelberupa total bus yang harus disediakan di hari tersebut. Model diimplementasikan menggunakanbantuan perangkat lunak optimisasi Lingo pada Biskita Trans Pakuan Bogor Koridor 2. Berdasarkanwaktu eksekusi model yang relatif sangat cepat pada saat implementasi menunjukkan bahwa modeldapat dipandang layak untuk digunakan.

Keywords: bus perkotaan, integer programming, optimisasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.