PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR GEOBOARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Petrus Laurensius Greimont To, Matilda Devy Samponu, Margaretha A.D.N, Haniek Sri Pratini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaranmatematika, khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar di SMP Kanisius Gayam. Hal inidilatarbelakangi oleh kurangnya efektivitas pembelajaran yang ada. Penggunaan alat peragageoboard diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dan melibatkan Guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukanmelalui observasi, wawancara, dan asesmen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknikkualitatif deskriptif. Penilaian tingkat kreativitas siswa pada siklus I sebesar 46,03% dan pada siklusII diketahui bahwa tingkat kreativitas siswa sebesar 77,05%. Oleh karena itu, berdasarkan tingkatkreativitas siswa dari siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa PTK yang diterapkanberhasil.

Kata kunci: project based learning, matematika, kreativitas, geoboard, bangun datar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.