ANALISIS PERPINDAHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE OLEH MAHASISWA MATEMATIKA UNIVERSITAS SANATA DHARMA MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV

Fransiska Windyaningrum Lusitasari, Selly Lovilla santi, Dominikus Arif Budi Prasetyo

Abstract


Dalam era digital yang semakin berkembang, semakin banyak inovasi dan aplikasi online yangmemudahkan manusia untuk melakukan transaksi. Banyaknya e-commerce yang bermunculanmenjadi alasan persaingan di antara pelaku bisnis online shop menjadi semakin sengit dan terjadiperpindahan pengguna aplikasi. Untuk mengetahui perpindahan dan pangsa pasar e-commerce dimasa mendatang dapat dilakukan penelitian dengan salah satu cara yaitu rantai markov. Datadiperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh mahasiswa aktif Pendidikan Matematika UniversitasSanata Dharma sebanyak 121 sampel. Hasil penelitian menunjukkan dominasi penggunaan Shopeedengan peluang 0.81328, Lazada 0.01355, Tokopedia 7,1E-07 atau (0.00000071), Bli-bli 0, danTiktok-shop 0.17091. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman tentang dinamikapersaingan e-commerce di kalangan mahasiswa dan relevansinya dalam pengambilan keputusanstrategis bagi pelaku bisnis online shop.

Keywords: Markov, e-commerce, perpindahan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.