ANALISIS PERPINDAHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE OLEH MAHASISWA MATEMATIKA UNIVERSITAS SANATA DHARMA MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV
Abstract
Dalam era digital yang semakin berkembang, semakin banyak inovasi dan aplikasi online yangmemudahkan manusia untuk melakukan transaksi. Banyaknya e-commerce yang bermunculanmenjadi alasan persaingan di antara pelaku bisnis online shop menjadi semakin sengit dan terjadiperpindahan pengguna aplikasi. Untuk mengetahui perpindahan dan pangsa pasar e-commerce dimasa mendatang dapat dilakukan penelitian dengan salah satu cara yaitu rantai markov. Datadiperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh mahasiswa aktif Pendidikan Matematika UniversitasSanata Dharma sebanyak 121 sampel. Hasil penelitian menunjukkan dominasi penggunaan Shopeedengan peluang 0.81328, Lazada 0.01355, Tokopedia 7,1E-07 atau (0.00000071), Bli-bli 0, danTiktok-shop 0.17091. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman tentang dinamikapersaingan e-commerce di kalangan mahasiswa dan relevansinya dalam pengambilan keputusanstrategis bagi pelaku bisnis online shop.
Keywords: Markov, e-commerce, perpindahan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.