Penerapan Rantai Markov Pada Pergantian Merek HP Dikalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan rantai Markov untuk memodelkan peluang perpindahan merekhandphone (HP) di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas SanataDharma. Dalam era modern ini, perkembangan teknologi dan komunikasi telah mengubah polakonsumsi mahasiswa, yang kini lebih mementingkan merek dan model daripada fungsi inti perangkat.Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami preferensi dan kecenderungan mahasiswa dalammemilih merek HP serta memprediksi peluang perpindahan antar merek. Metode penelitian yangdigunakan adalah penelitian terapan dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner.Langkah-langkah analisis mencakup pembuatan tabel distribusi pengguna HP, tabel data perubahanmerek (brand switching), dan matriks probabilitas transisi. Data dikumpulkan dari 100 respondenmengenai merek HP yang digunakan pada tahun 2020 dan 2024 serta alasan pergantian merek. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa analisis rantai Markov efektif dalam memprediksi perpindahanpreferensi merek HP. Berdasarkan matriks peluang transisi, ditemukan bahwa pada periode ke-80atau tahun 2104, terjadi kondisi steady state dengan nilai probabilitas yang tidak berubah. MerekRedmi memiliki probabilitas tertinggi (0,84), diikuti oleh iPhone, Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo,Realme, dan Asus. Hasil ini mengindikasikan bahwa Redmi akan menjadi pilihan utama di masadepan, menyoroti pentingnya strategi pemasaran yang adaptif bagi produsen HP.
Keywords: perpindahan, merek handphone, rantai markov
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.