PREDIKSI PEMILIHAN PRODUK SUNSCREEN YANG BANYAK DIMINATI KONSUMEN MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV

Ansella Nicesha Paskaningtyastuti, Prita Adelia Maharani, Antonius Yudhi Anggoro

Abstract


Maraknya teknik marketing yang dilakukan melalui gadget, dapat menjadi salah satu faktorterjadinya perpindahan pemilihan suatu produk. Salah satu perpindahan produk melaui teknikmarketing adalah produk sunscreen. Sunscreen berguna untuk menjaga kulit wajah melaluipenyerapan sinar ultraviolet yang akan diubah menjadi energi panas. Penelitian inimemprediksi peluang perpindahan penggunaan produk sunscreen pada beberapa mahasiswa.Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan analisis Rantai Markov yang mana data yangdidapatkan, dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner pada 107 mahasiswa/i UniversitasSanata Dharma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prediksi penggunaan produk sunscreendi masa mendatang mengalami peningkatan dan penurunan pada beberapa produk sunscreen.Peningkatan penggunaan produk sunscreen terjadi pada merek Skinaqua : 13%, Skintific : 4%,dan merek Lainnya : 58%. Sedangkan penuruan penggunaan produk sunscreen terjadi padamerek Azarine : 12%, Emina : 6%, The Originote : 6%, dan Somethinc : 0%. Peluang steadystate perpindahan penggunaan produk sunscreen meliputi Azarine : 6%, Emina : 0%, Skinaqua: 12%, The Originote 4%, Somethinc : 0%, Skintific : 6%, dan merek Lainnya 70%.

Keywords: perpindahan, sunscreen, Rantai Markov.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.