SINGLE SUBJECT RESEARCH : GAME INTERAKTIF FLIPPITY UNTUK SISWA DENGAN MINAT BELAJAR RENDAH

Sisty Annisa Rizky, Fitria Sulistyowati, Esti Harini, Krida Singgih Kuncoro, Betty Kusumaningrum

Abstract


Seorang siswa yang mempunyai minat belajar rendah dapat dipastikan bahwa hasil belajarnya juga kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game Flippity terhadap hasil belajar matematika siswa dengan minat belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu siswa SMP di Yogyakarta yang mempunyai minat belajar rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket untuk mengukur minat belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 53,75 pada fase baseline (A) menjadi 71,25 pada intervensi (B). Hasil tersebut didukung oleh persentase overlap sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa game Flippity mempunyai pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan minat belajar rendah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pada penelitian selanjutnya terkait minat belajar rendah pada pelajaran matematika.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.