KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DENGAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH .

Maria Leonita Bau, Fitria Sulistyowati, Rusgianto Geri, Zainur Wijayanto, Annis Deshinta Ayuningtias

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VII dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan soal AKM berdasarkan topik numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling teknik pengambilan subjek dengan pertimbangan tertentu, seperti karakteristik dan kemampuan awal siswa. Dalam penelitian ini dipilih salah satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas VII.2 yang berjumlah 23 siswa dan diambil 3 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes numerasi berupa 1 butir soal essay serta 30 butir angket motivasi belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan numerasi dan pengisian angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapannya yakni 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil tes siswa SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta didapat nilai rata-rata sebesar 71,6 dengan nilai terendah yakni 50 dan nilai tertinggi berada dinilai 90. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan numerasi siswa dominan berada pada level rendah dengan persentase sebesar 23%. Kemudian terdapat 35% siswa dengan kemampuan numerasi sedang dan sisanya yakni 42% berada pada tingkat kemampuan numerasi tinggi. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dapat meneliti faktor lain yang mempengaruhi kemampuan numerasi dengan motivasi belajar rendah.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.