PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN PASAR YOGYAKARTA PADA MATERI SPLDVKELAS VIII SMP

Nadia Rustyningsih, Savira Erdia Kusuma, Eko Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika jajanan pasar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) SMP kelas VIII. Penerapan etnomatematika dalam LKPD merupakan salah satu cara untuk menghubungkan konsep-konsep matematika yang dipelajari oleh peserta didik dengan kehidupan sehari-hari. Hasil kajian etnomatematika pada jajanan pasar di Yogyakarta digunakan sebagai konteks dalam pengembangan LKPD. LKPD yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan pemahaman konsep peserta didik karena mempelajari matematika dalam konteks yang konkret. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada tahapan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Selain pengembangan LKPD, penelitian ini juga mengembangkan pedoman guru yang sesuai dengan LKPD tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi guru yang ingin melaksanakan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.