KEEFEKTIFAN MEDIA ROLE PLAYING GAME EDUCATION “RPG EDU” PADA PEMBELAJARAN ERA COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR

Muhammad Ikhsan Faiz, Bambang Priyo Darminto, Teguh Wibowo Wibowo

Abstract


Pada pembelajaran era Covid-19 dengan konsep pembelajaran jarak jauh dibutuhkan media berbasis teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan siswa saat belajar secara mandiri. Hal ini karena siswa banyak yang bosan atau minat belajar rendah karena pembelajaran di era Covid-19. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media Role Playing Game Education “RPG Edu” pada pembelajaran era Covid-19 terhadap minat belajar siswa. Materi yang digunakan yaitu barisan deret aritmatika dan geometri untuk kelas XI MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain intact group comparison pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo dengan membandingkan kelas eksperimen yang menggunakan RPG Edu sejumlah 18 siswa dengan kelas kontrol yang menggunakan media LKS juga 18 siswa. Hasil persentase berdasarkan indikator minat belajar yaitu  pada perhatian RPG Edu adalah 80% dan LKS adalah 68%, rasa senang pada RPG Edu sebesar 81% dan LKS sebesar 67%, aktifitas pada RPG Edu 78% dan LKS sebesar 64%, sedangkan ketertarikan pada RPG Edu sebesar 76% dan LKS sebesar 66%. Hasil penelitian secara keseluruhan ini menunjukkan rata-rata perbedaan persentase keefektifan media terhadap minat belajar pada RPG Edu adalah 79% dan pada LKS adalah 66% yang artinya RPG Edu lebih efektif digunakan dalam pembelajaran era Covid-19 terhadap minat belajar siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.