DESKRIPSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DI ERA PANDEMI DI KELAS VII MTs NEGERI 5 CILACAP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas VII di MTs Negeri 5 Cilacap. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VII MTs Negeri 5 Cilacap. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk mengumpulkan informasi terkait pembelajaran daring mata pelajaran matematika di era pandemi covid-19, dengan analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran daring di MTs Negeri 5 Cilacap sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Adapun untuk kegiatan evaluasi dan penilaian pembelajaran tetap bisa dilaksanakan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.