PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DALAM MENGASAH KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Patricia Yuni Brenda Sitio, Savira Erdia Kusuma

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran microteaching dalam mengasah kemampuan mengajar mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Angkatan 2018 yang telah mengikuti pembelajaran microteaching dengan jumlah sampel sebanyak 31 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program R Commander. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana pada R Commander antara microteaching (𝑋) terhadap kemampuan dasar mengajar (𝑌) didapatkan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 1,2911 dan nilai konstanta sebesar 20,3274. Dengan demikian, persamaan regresi yang diperoleh adalah 𝑌 = 20,3274 + 1,2911𝑋, dimana 𝑝 − 𝑣𝑎𝑙𝑢𝑒: 0.000001436 < 0,05. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran microteaching dalam mengasah kemampuan mengajar mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2018 sebesar 1,2911.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.