PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Ihwan Zulkarnain, Silvia Septhiani, Diah Oga Nusantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Amin Pamijahan Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas X sebanyak  40 siswa. Data penelitian diperoleh melaui tes uraian sebanyak 14 soal. berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (7,64 > 2,02) maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman Konsep matematika siswa yang telah diberi model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang diberi model pembelajaran Konvensional. Dengan demikian, Model Pembelajaran CTL berpengaruh positif terhadap Pemahaman Konsep matematika siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.