PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Miftakhul Anwar, Supriyono Supriyono, Mujiyem Sapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep trigonometri siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mengetahui kelayakan e-modul dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-modul ini dikembangkan pada perbandingan trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Pancasila Purworejo dan SMA Muhammadiyah Purworejo kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar kepraktisan untuk siswa & guru dan soal tes pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara tes dan non-tes berupa angket respon. Teknik analisis menggunakan analisis kelayakan e-modul yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media e-modul memenuhi kriteria valid dengan skor 3,375, kemudian pada kriteria praktis memperoleh skor 3,152 atau 78,81% dengan kriteria respon positif, dan pada kriteria efektif yang ditunjukkan berdasarkan tes evaluasi belajar 19 siswa memperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 84,21%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika untuk siswa sekolah menengah atas.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.