ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 19 PURWOREJO PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI SISWA

Wulan Sumarjono, Supriyono Supriyono, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari rasa percaya diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive. Pemilihan subjek berdasarkan pada tingkat rasa percaya diri rendah, sedang dan tinggi. Subjek yang dipilih berjumlah 3 siswa. Pengumpulan data untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis menggunakan soal kemampuan komunikasi matematis, wawancara, dan catatan lapangan.Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan rasa percaya diri tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu mampu memahami inti permasalahan dari soal operasi aljabar dan siswa mampu menemukan ide matematis dalam mencari solusi soal operasi aljabar, mampu menjelaskan hasil pekerjaanya secara logis, dan mampu menggunakan simbol-simbol matematika dengan tepat. Siswa dengan rasa percaya diri sedang juga mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis hanya saja siswa belum menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan benar, siswa juga tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan runtut dan juga siswa tidak menuliskan kesimpulan namun dapat menjelaskan ketiganya dengan benar pada saat wawancara. Sedangkan siswa dengan rasa percaya diri rendah belum mampu memenuhi ketiga indikator.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.