ANALISIS KEBUTUHAN VIRTUAL LABORATORY GEOGEBRA PADA PROGRAM LINEAR UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Atana Sa’adah, Nur Baiti Nasution, Denny Pritianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran berbasis virtual laboratory yang akan dikembangkan dengan Geogebra pada pokok bahasan program linear untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini hanya terbatas pada tahap define (analisis masalah). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket kebutuhan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahan ajar yang digunakan belum merangsang literasi matematis siswa, sehingga dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa e-modul yang diharapkan dapat mengembangkan kognitif dan antusiasme siswa melalui pembelajaran berbasis eksperimen dalam melatih literasi matematis siswa. Hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan perlu dikembangkan virtual laboratory berbantuan Geogebra book sebagai alternatif pembelajaran mandiri yang inovatif. Selain itu dengan tujuan untuk melatih literasi matematis siswa dengan mengaitkan penerapan program linear pada kasus nyata di kehidupan manusia.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.