ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TIMIKA
Abstract
Saat ini, Indonesia dan negara lainnya sedang menghadapi pandemi Covid-19. Covid-19 ini membawa banyak masalah disetiap sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan. Untuk mencegah penyebaran virus ini, kementrian pendidikan dan kebudayaan membuat suatu kebijakan mengenai pelaksanaan pendidikan di masa pandemi ini. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara daring dari berbagai tempat yang berbeda, maka dibutuhkan teknologi untuk menunjang pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran secara daring membutuhkan perangkat yang mendukung seperti penggunaan smartphone, tablet atau laptop yang didukung oleh jaringan internet.. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar siswa khususnya pada siswa kelas IX di SMP Yosua Timika dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Yosua Timika. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berkaitan dengan hambatan dalam pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukan beberapa kendala dalam peroses pembelajaran misalnya : sulit memahami materi yang dijelaskan guru, koneksi internet yang kurang stabil, listrik yang kurang stabil, kesulitan menggunakan teknologi, dan situasi yang kurang kondusif (kebisingan). Dari hasil yang di peroleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMP Yosua Timika belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.