PROFIL STRATEGI HEURISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Annisa Rahmawati, Uus Kusdinar

Abstract


Tujuan utama pendidikan matematika yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi heuristik siswa SMP N 10 Yogyakarta yang muncul saat menyelesaikan persoalan dalam materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 5 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah strategi heuristik siswa yang muncul saat menyelesaikan soal matematika materi SPLDV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi heuristik siswa SMP N 10 Yogyakarta yang muncul saat menyelesaikan persoalan dalam pembelajaran SPLDV yakni (1) siswa mampu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan meskipun banyak yang terkadang lupa untuk menuliskannya karena tidak terbiasa; (2) siswa mampu membuat model matematika yang akan digunakan meskipun ada beberapa yang masih kesulitan; (3) siswa mampu melakukan perhitungan pada soal meskipun ada beberapa yang masih kesulitan; serta (4) siswa mampu dan memahami cara menginterpretasikan jawaban model ke permasalahan semula meskipun ada siswa yang tidak menuliskannya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.