ANALISIS KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA SMP DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE

Dita Yuzianah, Rijalul Muttaqin, Isnaeni Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan geometri siswa SMP ditinjau dari tingkat berpikir van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B SMP Negeri 1 Sempor yang diberikan tes VHGT. Secara purposive diperoleh 6 subjek penelitian, 2 subjek tingkat 0, 2 subjek tingkat 1, dan 2 subjek tingkat 2. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data penelitian adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: Siswa tingkat 0 mengenal bangun segiempat dari bentuknya, belum dapat mengungkapkan sifat-sifat bangun datar, belum mengetahui aturan melabeli bangun, belum dapat mengklasifikasikan bangun menurut sifatnya, mulai menerapkan model geometri dalam pemecahan masalah. Siswa dengan tingkat 1, mampu mengenal bangun segiempat dan sifatnya, dapat mengungkapkan sifat-sifat bangun datar, mengetahui aturan melabeli suatu bangun namun masih ragu, dapat mengklasifikasikan menurut sifat-sifatnya dan mulai menerapkan sifat-sifat dari definisi, mulai menerapkan model geometri dan sifat-sifat bangun dalam pemecahan masalah. Siswa tingkat 2, mampu mengenal segiempat dari bentuk dan sifatnya, dapat mengungkapkan sifat-sifat bangun datar, mengetahui aturan untuk melabeli bangun, dapat mengklasifikasikan menurut sifat-sifatnya dan dapat menerapkan sifat-sifat dari definisi, dapat menerapkan model geometri dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.