ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS SISWA SMP DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

Nur Chayati, Wharyanti Ika Purwaningsih, Isnaeni Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran logis siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan subjek purposive. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Purworejo tahun ajaran 2020/2021. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang didukung dengan tes kemampuan penalaran logis materi aritmatika sosial. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan resiliensi matematis tinggi mampu memenuhi 4 indikator kemampuanĀ  penalaran logis, siswa dengan resiliensi matematis sedang memenuhi 3 indikator kemampuan penalaran logis. Sedangkan siswa dengan resiliensi matematis rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator kemampuan penalaran logis. Siswa dengan resiliensi matematis tinggi mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran logis lebih banyak dari siswa dengan resiliensi matematis sedang dan rendah karena siswa dengan resiliensi matematis tinggi memiliki sikap positif ketika menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Siswa tetap berusaha dan pantang menyerah untuk mencari solusi dari penyelesaian soal hingga memperoleh hasil yang tepat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.