KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP MARDI WALUYA 2 SUKABUMI

Maria Novena Auxillia, Maria Meilany Fajarianty, Odilia Rosa Kusuma, Haniek Sri Pratini

Abstract


Pendidikan di Indonesia umumnya hanya menyelipkan kebudayaan di beberapa mata pelajaran saja. Padahal pada kenyataannya Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya sehingga sudah seharusnya di semua pembelajaran dapat membawa unsur budaya di dalamnya. Pendidikan multikultural tidak perlu dilakukan secara terpisah atau berdiri sendiri sebagai satu mata pelajaran, melainkan terintegrasi dalam mata pelajaran lain. Beberapa mata pelajaran seperti Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Agama, Seni Budaya dan Keterampilan maupun mata pelajaran lain yang sejenis dipandang potensial untuk membawa muatan pendidikan multikultural.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan multikultural dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun datar mengingat pendidikan di Indonesia masih kurang menerapkan pembelajaran berbasis multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode wawancara untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif. Wawancara dilakukan untuk mengetahui bagaimana integrasi konten multikultural dalam pembelajaran, bagaimana konstruksi pengetahuan terbangun berkat budaya, bagaimana terjadinya reduksi prasangka, bagaimana pedagogi kesetaraan dilaksanakan, dan yang terakhir adalah bagaimana pemberdayaan kultur sekolah terjadi dalam proses pembelajaran. Semua data ini menggambarkan bagaimana keterlaksanaan pembelajaran matematika yang berbasis multikultural di SMP Mardi Waluya 2 Sukabumi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.